CERPEN - The Surprise

Hmm, gak ada ide bikin cerpen lagi, jadinya ya ngupload cerpen lama aja dari kemarin-kemarin.
Dan seperti biasa, gaje :v


 
The Surprise



                "Gue udah di depan nih, kalian dimana?" seruku di tengah teriknya matahari yang serasa membakar seluruh kulit, tulang, sendi, sampai ke darah-darahnya sekalian! Sebel banget sih, udah tahu matahari zaman sekarang itu panasnya nyubit banget, lha ini... Mereka malah tega-teganya nyuruh gue nunggu disini. Catat ya, di pinggir jalan raya. Huh, awas aja, kalau sampai surprise (itu sih yang gue tunggu-tunggu) dari mereka nggak heboh dan tentunya penuh dengan makanan oriental kesukaan gue, gue bakal balas dendam untuk ulang tahun masing-masing kunyuk-kunyuk sialan itu!
                "Ya kalian ngapain sih? Gue udah gosong nih..." benar-benar sialan. Sampai kapan nih gue harus nunggu?
                "Permisi, mbak..." seseorang dengan topi hitam, kaos hitam, dan lho-lho... Kok semuanya hitam sih? Mencurigakan. "Anda Kisa Artadinada?" ucap orang serba hitam tersebut (kecuali kulitnya ya) dengan tatapan yang bikin gue merinding.
                "I... Iya, mas... Hmph!" eh-eh. Ini orang ngapain? Kok dia bekap-bekap mulut gue sembara...
                Dan setelah itu, semuanya terasa gelap.


+++


                "Udah diangkat?" kemana lagi nih anak, padahal kita udah capek-capek bikinin dia surprise sampai ngorbanin uang jajan anak-anak buat satu minggu penuh!
                "Gak tahu nih, Re... Gue juga udah coba ngehubungin, tapi nggak diangkat-angkat tuh," seru Beca, bukan dibaca 'becak' ya, tapi dibaca Beka.
                "Gue curiga dia ngambek abis itu pulang..." ucap Andre, satu-satunya cowok di geng kami (bukan geng nakal kok, cuma kumpulan anak-anak SMA doang, ya yang hanya beranggotakan kami berempat ini :P).
                "Nggak mungkin, dia pasti udah nyadar kita lagi bikin surprise buat dia..." gue udah kenal Kisa dari dia SMP, jadi gue tahu banget tabiat anak itu. Dia paling suka sama yang namanya beginian, apalagi kalau bukan surprise ulang tahun. Biar pun dia orangnya suka mencak-mencak dan ngelamunin sesuatu yang aneh-aneh, tapi dibalik semua kegilaannya itu, dia kesepian banget. Gue udah lama jadi sahabat Kisa, jadi wajar aja kalau gue tahu sedikit banyak tentang orang tuanya yang super duper wuper, double wooper, sibuk. Dia tipe anak orang kaya yang kesepian gitu. Klasik sih emang, tapi gimana dong. Kenyataannya emang Kisa tuh sebenarnya anak yang haus perhatian banget.
                Dan ngomong-ngomong soal ide kabur yang dicetusin sama Andre, gue jabarin kenapa itu bisa dipastikan mustahil. Waktu dia ulang tahun ke-16 aja dia pasrah waktu kita kerjain. Air campuran tepung, kopi dan bahan-bahan lain yang disensor (emang film porno?) berhasil nemplok ke kepala dan sekujur tubuh Kisa.
                Dan meski dia marah-marah, dia nggak bisa menyembunyikan rasa gembiranya dari gue. Karena setelah disiram habis-habisan, toh akhirnya Kisa bilang sama kita kalau dia makasih banget atas kejutannya kali itu. Dari senyumnya yang tulus kala itu kita tahu, kalau ia sangat suka akan kejutan-kejutan semacam ini.
                Intinya, Kisa nggak mungkin ngelewatin pesta ulang tahunnya kali ini. Nggak mungkin banget.
                "Terus gimana dong? Apa kita ubah rencana aja? Gimana kalo kita samperin Kisa... Tutup matanya pake sesuatu kayak selendang atau apa, abis itu kita seret dia kesini... Gimana?" Beca bercuap-cuap sementara kami ngedengerin dan nimbang-nimbang rencana itu apakah beratnya pas satu kilo, eh maksud gue cocok untuk menyukseskan acara surprise party-nya Kisa yang ke-17 tahun ini.
                "Mm, boleh, gue setuju... Yang namanya fruit cake emang bagusnya segera dimakan kan?" cuap Andre dengan tampang sok serius.
                "Heh, malah ngekhawatirin kuenya. Kisa woi..." komen Beca yang segera ngasih dampratan trompet tiup ke kepala Andre.
                "Yuk, lebih baik kita cepet-cepet samperin Kisa..." entah kenapa, kok perasaan gue gak enak ya...


+++


                Dimana nih...
                "..."
                Gue memandang sekeliling. Nih tempat kok seremnya maksimal banget. Idih! Seragam gue kena damprat lumut! Dasar tempat lembab sialan, udah tahu gue benci banget sama tempat yang banyak lumutnya kayak gini. Kerjaan Tere sama anak-anak nih. Awas aja, kalo ketemu, gue bakal balas mereka habis-habisan.
                "Sudah sadar rupanya..." ucap seseorang dengan tipe suara berat khas bapak-bapak necis bin perlente dibarengi dentuman kaki yang menggelegar ke seluruh ruangan berhasil bikin jantung gue hampir copot dari tempatnya semula. "Ternyata kamu nggak seperti bayangan saya..."
                "Siapa lo?!" seru gue sambil bersungut-sungut kesal dalam hati. Kontan aja gue sewot.
                Nih bapak-bapak tambun, udah perutnya buncit, gayanya itu lho. Gue tahu koboi-koboi di film itu pada keren-keren semua, tapi hellooo. Ngaca dong mas! Udah tampang kayak galon berjalan gitu, masih aja bergaya seolah-olah dia makhluk paling keren sedunia. Topi koboinya juga nggak matching banget sama gelang manik-manik yang nangkring nakal di pergelangan tangan kanannya. Diam-diam gue mikir, kayaknya nih orang bakalan dikritik habis-habisan kalo ketemu Nona Igun.
                Prak!
                Kayu yang besarnya hampir menyerupai body gue itu langsung terpecah-pecah akibat hantaman dari tongkat bisbol si bapak-bapak nggak modis.
                Gila, sadis juga nih orang.
                "Kamu jangan kurang ajar ya!" bentak bapak ngamos, nggak modis maksudnya. "Saya yang pegang nyawa kamu sekarang. Sekali kamu main-main sama saya..." eh-eh, dia nyengir. Sumpah... "Kita lihat saja apa yang akan saya lakukan sama kamu!" sumpah jelek banget!
                "Wkwkwkwk," gue ketawa ngakak. Gokil! Muka tuh bapak-bapak mirip banget sama Bopak, pelawak plontos yang hobinya diguyur bedak bayi.
                Di keadaan genting kayak gini, gue heran juga sama diri gue sendiri. Kok bisa-bisanya gue ketawa girang begini...
                Nahlo, dianya melotot.
                Harusnya gue nggak ketawa selebar itu kali ya. Kalo ngikik dikit seharusnya sih lebih aman.
                Prak!
                Dan lagi-lagi bapak itu memukul kayu ke arah samping gue yang lain dan berhasil memporak-porandakan sebuah kayu yang berwarna lebih pucat.
                Idih, pemarah banget nih orang.
                "Kamu!" sungut bapak ngamos itu sebelum ia mengayunkan tongkat bisbolnya ke arah gue.
                Ya, Tuhan...
                Selamatkan saya...
                Kalo nggak selamat, selamatkan orang terdekat gue deh...
                Ah bodo, gue pasrah...


+++


                "Mas-mas. Dapet liat cewek ini nggak? Ciri-cirinya berambut bob hitam, pake kacamata, sama berkawat gigi... Dapet liat nggak mas?" kata gue penuh nafsu kepada salah satu orang yang gue rasa udah sedari tadi nongkrong di situ. Tukang rokok. Tau kan? Yang biasanya jualan pake gerobak kotak dan cukup satu orang masuk ke dalamnya...
                "Wah, banyak neng..." jawab tuh tukang rokok. Sialan, wajahnya itu lho. Kebaca banget. Gue rasa dia nggak bakal ngasih informasi kalo nggak disalam tempel sama uang gocengan.
                "Oh, yang pake baju Snoopy itu ya, neng?" ucap tukang rokok yang wajahnya hampir mirip dude herlino itu (tapi fotokopian yang keseribu kali ya).
                Dan kali ini gue pengen banget bilang... Kan! Kalo udah disogok, baru deh buka mulut. Dasar warga Indonesia.
                "Iya-iya, Mas!" Beca udah kalang kabut waktu ngejawab pernyataan mas-kw'an-dude-herlino tadi.
                "Jangan nafsu gitu atuh, neng..." gerutu tukang rokok itu sambil ngengir-nyengir.
                Kontan aja aku, Beca dan yang paling mengejutkan, Andre, langsung mengernyitkan kening kami masing-masing. Pasti kata yang terlintas pertama kali di benak kami sama deh. Iyuuh~
                "Jadi gimana, mas?" kataku cepat.
                "Gimana ya..." tukang rokok tadi nyodorin tangannya sambil sok-sok mikir nggak jelas gitu. Sesekalinya dia ngelirik gue yang tadi sempat memberinya rezeki dadakan.
                "Nih! Eits..." gue yang tadinya udah mau nyodorin selembar uang dua puluh ribuan dengan reflek menariknya lagi. "Kali ini mas harus janji untuk ngejawab pertanyaan kami sampai tuntas, deal?" kata gue yang akhirnya menyodorkan tangan yang satunya (jaga-jaga kalo si mas tukang rokok niat nyuri uang gue itu).
                "Ya udah deh neng... Deal!" ucap mas tukang rokok dengan muka pasrah. "Jadi gini..." mas itu pun menarik napasnya sebentar, "si eneng dengan kaos Snoopy yang lagi marah-marah di telepon tiba-tiba disamperin sama orang dengan pakaian yang warnanya..." si mas malah diam lamaa banget.
                "Pake baju warna apa, mas?!" tanya gue geregetan. Gila nih orang, mau ngejeda aja lama banget. Keburu lumutan bego!
                "Itu lho neng, temennya si putih... Warna arang gitu..."
                "Hitam maksudnya! Ah gak usah pake tebak-tebakan deh mas, kita mau buru-buru makan fruit cake, eh maksud gue buru-buru nyari temen kita itu!" ucap Beca yang rada salting. Kayaknya dia emang niat banget deh makan fruit cake yang kita beli barusan.
                "Oke-oke. Jadi si mas dengan baju hitam itu ngobrol sama si eneng yang pake kaos Snoopy itu, habis itu apa lagi ya..." ia pun menatap ke langit-langit gerobaknya. Kayaknya orang ini memorinya sempit deh, masa kejadian baru beberapa menit yang lalu aja udah lupa! Dasar pikun... "Oh iya! Langsung dibekap dan digendong masuk ke mobil warna biru donker!" ujar mas itu akhirnya sambil menghela napas lega.
                "Hah?!" kami bertiga langsung memajukan kepala dan membentuk huruf 'O' ke arah mas tukang rokok.
                "Kok mas malah diam, bukannya ngelaporin ke kantor polisi?!" ungkap Andre berang, kayaknya hormon cowoknya lagi naik deh.
                "Yah, habis, gimana dong. Sehabis kejadian itu ada pelanggan yang borong rokok saya satu lusin, jadi perhatian saya teralihkan deh..." katanya.
                "Ah, dasar! Cabut guys!"
                Beca dan Andre langsung mengekor di belakangku.
                Gue merutuki abang garis miring mas-mas garis miring KW Dude Herlino garis miring orang teroon yang pernah gue temuin. Gimana nggak oon? Bisa-bisanya dia biarin orang nyulik gitu aja tanpa lapor ke polisi! Dasar...
                Pendidikan moral di Indonesia memang sangat, sangat mengenaskan. Kayaknya waktu kuliah nanti, gue bakal ngambil jurusan kewarganegaraan deh. Terus jadi guru atau dosen supaya gue bisa ngajarin orang-orang kayak mas tadi untuk punya perhatian yang tinggi terhadap sesamanya.
                Tuh kan sifat nasionalis gue jadi bangkit gini.
                Tapi bukan itu kekhawatiran gue saat ini.
                Bukan juga kekhawatiran Beca atau pun Andre.
                Kisa...
                Gue harap anak itu masih baik-baik aja.

+++


                Hhh, lega.
                Segelas es jeruk di siang bolong kayak gini emang nikmat banget. Karena kami (dalam hal ini gue, Andre sama Beca) udah capek berat nyari informasi kemana-mana tentang keberadaan Kisa, kita memutuskan untuk mengisi energi sejenak di sebuah warteg terdekat yang bernama "Warteg Padang".
                Agak aneh sih namanya.
                Tapi karena laper dan kaki pada pegel-pegel, kami memutuskan untuk menghajar selera makan kami dan segera melahap dua porsi untuk masing-masing orang. Kecuali punyanya Andre, kayaknya dia lagi diet deh. Dasar cowok menyimpang (sori ya, Ndre, mungkin karena kepikiran Kisa mulu, gue jadi nggak bisa ngontrol kata-kata gue, peace yooo).
                "Jadi gimana sekarang," kata gue membuka perbincangan.
                "...Hmm... Gue gak ada ide, Re... Kekenyangan..." Beca mengangkat tangannya mirip Tari Saman dari Aceh.
                "Kayaknya nanya sama warga kita coret aja dari list, gue rasa nggak ada saksi lain selain mas tukang rokok tadi..." Andre menjabarkan fakta-fakta dengan perawakan yang (sok) setara sama detektif-detektif profesional.
                "Kayaknya kita harus lapor polisi deh..." ujar gue sambil mikir kemungkinan terburuk kalo kita ngelapor sama pihak berwenang tersebut.
                "Tapi kalo kita ngelapor... Apa nggak bahaya? Setahu gue, lewat film-film yang pernah gue tongkrongin, kita gak boleh lapor sama polisi... Soalnya bisa-bisa terjadi sesuatu yang nggak diharapkan sama korban penculikan... Ya kan?" ujar Andre lantang.
                Aku dan Beca diam.
                "Bener juga sih, Re..." kata Beca sambil menoleh ke arah gue. "Gue takut si penculik ngapa-ngapain Kisa... Apalagi kalo sampai kita ketahuan pake jasa polisi, bisa-bisa Kisa..." Beca nggak berani melanjutkan kalimatnya. Mungkin dia teringat akan kata-kata guru BP kami kalo ucapan adalah doa. Amit-amit deh kalo Kisa sampe...
                "Oke!" Andre bangkit dari duduknya dengan tiba-tiba.
                "Apaan sih, norak banget pake acara ngejutin gitu..." kata gue sebal.
                Soalnya kelakuan Andre tadi itu sempet bikin jantung gue serasa mau copot dari tempatnya semula. Lambung sama empedu-empedu juga deh sekalian! Dasar... Dan kayaknya Beca juga ngerasain apa yang yang gue rasain, soalnya dia juga memandang Andre dengan tampang 'cari-mati-ya-lo'.
                "Sori-sori... Hmm, kalo menurut gue, jalan satu-satunya adalah dengan ngasih tahu bonyoknya si Kisa..." ujar Andre seraya mengusap-ngusap dagunya.
                "Heh!..." gue yang tadinya niat marah, jadi mikir ulang. "Tapi bener juga sih, siapa tahu dengan kejadian kali ini, bonyok Kisa jadi bisa lebih perhatian sama dia..."
                "Nggak jelek sih idenya..." komen Beca.
                "Tapi pasti konsekuensinya..." gue sengaja menggantung kalimat gue sembari menoleh ke arah Andre. Lalu Beca.
                "Kita kena marah?" kata Beca takut-takut, mirip anak SD yang ngejawab pertanyaan gurunya dengan penuh keraguan, soalnya kalo salah takut nggak dapat nilai, hehe.
                "Yap! Bener banget... Mmm, by the way Kisa nggak pernah cerita kalo bokap-nyokapnya punya penyakit jantung gitu kan?" ucap gue penuh rasa khawatir.
                "Setahu gue sih, nggak..." jawab Andre.
                "Seinget gue juga nggak..." timpal Beca.
                "Ya udah, kayaknya emang ini satu-satunya opsi kita... Cabut!" gue memimpin mereka ke pintu keluar dengan perasaan yang udah campur aduk banget. Gimana kalo bonyoknya Kisa marah besar, terus saking keselnya, mereka mutilasi kami satu-satu. Agak lebay sih. Tapi siapa tahu kan?
                "Neng-neng... Bonnya!" teriak ibu-ibu yang gue rasa keturunan Tegal dan Padang. Ia lalu menghampiri kami sambil membawa secarik kertas.
                "Oh, iya. Maaf ya, Bu... Ini, ambil aja kembaliannya..." kata gue sambil menyodorkan uang lima puluh ribuan dari saku kantong.
                "Yah, cuma seceng tambah gopek dong, neng?" ujar ibu-ibu tadi. Yaa, gue tahu sih total harganya empat puluh delapan ribu lima ratus rupiah, tapi uang sejumlah seribu lima ratus kan tetep aja namanya uang.
                "Hehe, kalo saya ngasih seratus ribuan, kami dong yang tekor, Buk. Makasih ya, Buk..." kata gue sembari ngabur ke keluar warteg diikuti kedua ajudan gue yang setia.
                Dan kita langsung tancap gas menuju lokasi pembantaian. Nggak tahu juga sih, gue udah nggak ketemu bonyok Kisa bertahun-tahun. Semoga pikiran gue tentang mutilasi itu cuma khayalan belaka. Amin...


+++


                "Happy birthday, Kisa..."
                Dan...
                Pemandangan di depan gue ini serasa moment ketika Kyuhyun Suju nyamperin gue ke Indonesia. Moment ketika Pak Aryo, guru Matematika gue ngasih jam kosong penuh pada hari senin.
                Kisa terlihat tegang diapit oleh bonyoknya.
                Dan bokap-nyokap Kisa itu malah terlihat senyam-senyum daritadi.
                Gue dan para ajudan gue (Andre dan Beca) melongo nganga sambil terus melangkahkan kaki kami.
                "Kok..." ucap gue ngambang.
                "Hai Re, Ndre, Ca..." kata Kisa ramah (PS: biasanya jarang banget nih dia manggil kita dengan nada ini kecuali kalo dia lagi pengen sesuatu dari kami bertiga). "Gue..." katanya bingung.
                "Kalian teman-teman Kisa ya?" sapa nyokap Kisa yang udah berumur tapi masih kelihatan segar bugar dan sehat walafiat.
                "Iya, tante..." seru kami serentak.
                "Yuk sama-sama nyanyi sama kami. Satu, dua, tiga..."
                "Happy Birthday, Kisa..."
                Kami pun bernyanyi dengan tampang bego.
                Gue memberi Kisa tatapan 'lo-harus-kasih-penjelasan-sehabis-ini'.
                Kisa sepertinya mengerti dan mengangguk.
                Jadilah kami melakukan prosesi tiup lilin dan potong kue dengan perasaan yang sedikit canggung. Saat gue bilang kami, itu termasuk Kisa juga.
                Setelah acara kecil-kecilan tersebut, gue dan anak-anak langsung berlari ke arah kamar Kisa yang terletak di lantai dua. Nyokap sama bokapnya Kisa ada urusan gitu, kayaknya emang mereka sibuknya gak kira-kira deh.
                Semua duduk garis miring bersemayam pada tempat favoritnya masing-masing. Gue dan Kisa yang duduk di atas tempat tidur Kisa yang ngomong-ngomong empuk banget. Sedangkan Andre duduk di sofa dekat AC yang jaraknya lumayang dekat dengan tempat tidur Kisa. Lalu Beca udah nangkring di karpet bulu harimau tepat di sebelah kiri tempat tidur Kisa.(gila, kalau ini asli berarti Kisa emang kaya banget).
                "Ayo mulai..." ujar gue penasaran.
                "Jadi gini..."

                "Kamu!"
                Gue udah nutup mata gue erat-erat. Pemandangan penuh darah yang muncrat kesana kemari bukan pemandangan favorit gue, jujur.
                "Happy birthday..."
                Lho, kok kayak kenal sih sama suaranya...
                "Lho, Papi?" ucap mas ngamos tadi yang ternyata bokap gue sendiri! Beliau lalu membuka topi koboinya dan dibalik itu gue bisa ngeliat kepala bokap gue yang minim rambut.


                "Tunggu dulu, lo nggak ngarang cerita ini buat bikin kami nggak marah kan, Sa?" ujar Andre.
                "Ya nggak lah!" seru Kisa sambil menimpuk Andre dengan boneka Stitch birunya.
                "Yok lanjut Kis..." kata gue dengan ekspresi mirip hantu penasaran.
                "Lanjut ya... Abis itu..."


                "Happy birthday to you..." dan yang nggak kalah mengejutkannya lagi nyokap gue muncul dengan kue tart berisi lilin berangka satu dan tujuh menyala di tangannya.
                "..." gue bener-bener speechless.
                "Sayang, maaf ya selama ini kalau kami sibuk banget. Emang selama beberapa tahun ini kami kalap kerja, nak. Kami nggak sadar kalau ternyata anak kami kesepian..." ujar Mami.
                "Maksudnya?" kata-kata terakhir mami bikin gue mengernyitkan kening. Maksudnya gue kesepian? Kok ngenes begitu sih? Mereka tahu darimana coba?
                "Kalau nggak karena ceritanya Bi Sumi yang ngelapor beberapa hari lalu, kami mungkin nggak akan sadar..." ujar Papi, lalu mereka berpandangan satu sama lain.
                "Emang Bi Sumi cerita apa?" ujar gue penasaran.
               

                "Emang penting ya Bi Sumi cerita apa?" sela Andre. Lagi.
                "Iya juga sih..." komen Beca telat.
                "Yah, gue juga rada malu sih cerita..." Kisa salting. Salah tingkah ya, bukan 'meng-garam'.
                Gue yang nggak tega sama Kisa langsung nyeletuk, "ya apapun cerita di balik itu. Gue bersyukur bonyok lo udah perhatian lagi sama lo, Sa..." gue pun menepuk bahu Kisa.
                Kisa lalu tersenyum lega.
                "Seru juga kali ya, kalo kita bikin organisasi tetntang surprise gitu..." celetuk Andre yang kembali mengusap-usap dagunya yang nggak berjenggot.
                "Haha, ngaco lo..." ledek gue.
                Lalu sepersekian detik setelah sindiran gue tadi, entah karena AC kamar Kisa yang dingin, tiba-tiba gue langsung terinspirasi akan ide si kunyuk itu. Dan gue yakin tatapan teman-teman gue ini menyiratkan hal yang sama.


*#*

Dewa inspirasi, datanglah :v


Thanks to:
Google
Pinterest




Comments

Popular Posts