CERPEN - Seseorang Yang Terlupakan

Hai, kali ini gue nemu arsip lama yang berisi cerpen-cerpen gaje (udahlah, nyerah aja, di blog ini semuanya alay, LOL).
Gue bakal rilis satu-satu (cieilah kayak apaan aja).
Enjoy ^^






Seseorang yang Terlupakan



                Jangan.
                Jangan tatap gue dengan muka menyedihkan seperti saat ini.
                Hello?
                Siapa yang nyuruh gue untuk bungkam seribu bahasa dan menganggap kalau kita nggak kenal? Pingin banget rasanya gue ngejotos tuh muka dan berharap muka itu akan berubah bentuk menjadi kodok.
                Ya, kodok. Binatang yang paling gue benci di sepanjang hidup gue. Kalau perlu menghilang aja ke samudra antartika! Gue juga nggak bakal, catat ya, nggak akan pernah peduli lagi!
                "Rin..." tuh kan akhirnya dia manggil juga. Giliran udah sepi aja, baru deh dia nyapa gini.
                "Kenapa," wajar kan kalo gue ketus? Kenyataan nggak dianggep tuh emang menyedihkan banget.
                "Sori, bukan maksud gue buat gimana... Tapi lo tahu kan," kalo cewek lo cemburuan banget? Kalo dia bakalan ngelakukin sesuatu yang nggak senonoh kalo tahu gue mantan lo? Dan spekulasi-spekulasi tadi memberi lo pilihan mutlak buat ngejauhin gue? Sial.
                "Iya-iya ngerti!" gue nggak betah nih lama-lama deket cowok pecundang ini. Pingin rasanya gue buru-buru ngabur kalo nggak disuruh anak-anak buat ngambil buku LKS sejarah yang diperluin buat pelajarannya Pak Sutanto jam kelima nanti.
                Mungkin karena takut gue nimbulin reaksi jutek dan lain sebagainya, Restu lebih memilih diam dan menunggu kwitansi untuk buku-buku yang diambilnya. Banyak juga ya buku yang diambil Restu. Ya emang beda sih sama kebutuhan di kelas gue. Secara kelas gue kelas Bahasa, sedangkan Restu tentu saja kelas IPA. Untuk ukuran cowok jenius sepertinya, Restu emang pantas ada di kelas tersebut. Mm, bocoran sedikit. Aku juga nerima dia waktu SMP gara-gara kecerdasannya itu. Diimbangi sama kelakuannya yang gentle, siapa coba yang bakal nolak cowok yang juga dilengkapi dengan paras yang sama sekali nggak bisa dibilang jelek. Alias ganteng. A.K.A cakep, hehe. Udah tinggi, putih, manis lagi. Udah ah, kok gue malah bangga-banggain dia sih. Padahal tadi kan gue masih kesel banget sama ini makhluk!
                "Restu..." kata gue akhirnya. "Kalo ada cewek lo, gue janji gak akan nyapa-nyapa lo lagi. Tapi kalo sendirian begini, gue boleh kan sekadar ngobrol sama lo?" nahlo, niatnya sih gue cuma pengen nunjukin kalo gue nggak pingin pacar Restu itu mandang gue remeh, enak aja nggak ngebolehin gue ngobrol sama Restu. Ya, antara niat dan gengsi sih sebenarnya. Biar gimana pun, Restu merupakan salah satu tempat curhat gue. Dia selalu jadi incaran pertama waktu gue lagi galau berat. Meski pun udah putus, tapi kami tetet temenan baik kok.
                "Boleh kok, Rin..." ucap Restu sambil tersenyum lebar.
                Suka banget deh sama panggilan ini. Nama asli gue emang Karenina, tapi entah darimana Restu suka banget manggil gue Rinrin. Gak apa sih, gue juga nggak tahu kenapa juga ikutan suka sama nama kecil tersebut.
                Restu mengambil kwitansi yang sudah di cap dengan cap sekolah kami dan menoleh ke arah gue, "okedeh, gue balik dulu ya..."
                "Oke..." pengen banget gue nahan Restu. Gue masih penasaran soalnya, karena sampai sekarang, guebelum tahu nama pacar Restu. Tanyain nggak ya... Tanyain, nggak, tanyain, nggak... Tanyain!
                "Restu!" panggil gue dari kejauhan.
                "Kenapa Rin?" cowok itu berbalik lalu menghampiri gue.
                "Kalo boleh tahu, siapa nama cewek baru lo itu?" semoga aja Restu nggak nganggep gue psikopat karena nanyain nama pacarnya kayak gini.
                "Mm... " kenapa raut muka Restu aneh begitu? "Namanya Rina..." sahut Restu akhirnya.
                "Ooh... Okedeh..." aku hendak berbalik ketika kami sama-sama dikagetkan oleh seseorang yang secara tiba-tiba udah nongol di belakang gue. Restu kan di depanku, seharusnya dia melihat cewek berkacamata ini kan?
                "Kamu pasti Karenina..." ramah banget nih cewek. Lho-lho! Kok dia tiba-tiba merangkul Restu? Jangan-jangan...
                "I-iya..." Pasti dia...
                "Aku Rina, pacarnya Restu. Salam kenal ya..." rasanya cewek ini jauh banget dari kesan pencemburu yang pernah diutarakan oleh Restu.
                Dengan perasaan yang campu aduk, gue menyambut uluran tangan dari Rina, "Karenina... Emm, gue harus balik nih, udah ditungguin sama anak-anak, sampai ketemu!" entah mendapatkan tenaga darimana, kaki gue melesat gitu aja menuju ruang TU dan mengambil kwitansi beserta mengamit LKS-LKS yang nggak begitu banyak. Tanpa berbalik sedikit pun (gue jadi nggak tahu apa Restu dan ceweknya masih merhatiin gue atau nggak), gue langsung berlari lagi menaiki anak tangga untuk dua lantai sekaligus. Kebayang kan gimana ngos-ngosannya. Setelah sampai di ujung lorong, gue menata napas sejenak dan berjalan dengan pelan. Gue sengaja ngasih waktu pikiran dan hati gue buat istirahat dengan berjalan sepelan mungkin.
                "Rinrin..." panggil seseorang di belakang gue. Restu.
                "Hei..." jawab gue ketika Restu berhasil menyejajarkan langkahnya. Entah karena capek atau gimana, suara gue jadi kedengaran lesu banget.
                "Soal tadi... Gue..." Restu dengan raut muka yang bersalah banget menatap gue dengan takut-takut. Pertamanya dia menoleh ke arah gue, abis itu buang muka. Tapi setelah beberapa sesi, akhirnya Restu buka mulut juga. Finally. "Gue minta maaf..."
                Gue udah nggak bisa berpikir jernih untuk saat ini. Tapi kenyataan tentang Restu yang nggak membuat kesalahan fatal menyelip nakal di alam pikiran gue (di luar pernyataan-pernyataannya tentang kedekatan gue dan dia yang harus agak dikurangi, apalagi di depan pacaranya. Dan gue rasa itu nggak terlalu tepat disebut kesalahan deh...).
                "Maaf buat?" ucap gue akhirnya, setelah menghela napas yang cukup panjang.
                "Lo benar-benar nggak inget ya..." Restu menghentikan langkahnya dan menatap gue dengan raut wajah terkejut bin heran.
                "Apaan sih?" seru gue kali ini penasaran beneran.
                "Itu, soal... Rinrin..." dan satu nama yang terucap dari bibir Restu tadi bikin gue melongo berat. Maksudnya gue?
                "Maksud lo? Gue? Emang gue kenapa?" kataku dengan tampang yang pasti luar biasa bego.
                "Bukan... Tapi, asal muasal... Dari nama 'Rinrin'..." kata Restu dengan hati-hati, seolah berusaha mengingatkan gue akan sesuatu.
                "Emang ada cerita asal-muasal begituan, itu kan nama yang lo..."
                "Yang gue pernah kasih ke elo..." Restu lalu diam sejenak, "apa jangan-jangan gue emang belum pernah cerita ya..." gumamnya.
                Tok! Gue menoyor bahu Restu dengan tumpukan LKS yang gue bawa. "Elo kali yang amnesia. Perasaan emang nggak ada cerita khusus di balik itu... Gue inget kok waktu pertama kali lo manggil gue dengan nama itu, lo bilang lo suka aja manggil gue dengan nama yang yang lebih pendek, seperti 'Rinrin' misalnya," nah kan gue jadi bersikap sok memuja masa lalu begini. Ketahuan deh kalo gue masih inget semua kronologis kisah gue sama dia.
                "Gitu ya..." jawab Restu.
                "Iya, emang gitu..." lama-lama geregetan juga nih. "Emang kenapa sih? Kok lo kayak ngerasa bersalah gitu?" ucap gue yang daritadi lumayan sabar untuk nggak merealisasikan imajinasi gue. Di alam imajinasi, gue udah kebelet banget ingin mencekik Restu supaya dia buka mulut.
                "Gue sms lo deh, dan Rinrin!" yah-yah. Apaan tuh! Kok dia malah ngeloyor pergi gitu aja?!
                Gue kan jadi penasaran banget. Ada apa sih sebenarnya sama Restu? Ada apa dengan nama 'Rinrin'? Kenapa juga dia ngerasa sok bersalah begitu? Terus kenapa dia lebih memilih mengungkapkan semuanya lewat media bernama SMS?
                Argh!!! Dasar Restu sialan.
                Gue seharian jadi nggak konsen buat merhatiin guru yang sibuk ngoceh di hadapan gue. Nggak juga pelajarannya Pak Sutanto yang jadi salah satu favorit gue itu. Nggak juga sama pelajaran lainnnya. Boro-boro merhatiin, Ovel yang biasanya gue ajak debat buat hal-hal yang hanya akan berakhir dengan omong-omong-nggak-jelas-yang-berkedok-diskusi-serius-menyangkut-permasalahan-yang-kelewat-serius aja gue cuekin bebek sebebek-bebeknya (perumpamaan apa tuh :P).
                Untung pas sampai di rumah, kantong gue bergetar singkat tanda ada SMS nangkring di inbox gue. Restu! Akhirnya cowok itu menepati janjinya dan agak meringankan rasa galau gue yang sedari tadi udah meronta-ronta.

                Rin...
                Gue tahu lo bakal marah setelah gue ngomongin ini. Maaf untuk nyembunyiin ini semua terlalu lama. Sebaiknya gue cerita dari awal.
                Sebenarnya nama 'Rinrin' itu berasal dari Rina. Ya, Rina cewek gue sekarang. Nama itu sebenarnya adalah nama panggilan gue untuk Rina. Gue nggak pernah lepas dari rasa suka gue semenjak lulus SD dulu. Sayangnya Rina harus pergi ke luar kota untuk menyembuhkan penyakitnya, jadi gue sama dia nggak bisa sama-sama kala itu. Nggak pernah ada kejelasan antara kita.
                Dan saat gue udah benar-benar nggak tahan, lo hadir dan mampu ngebuat gue hidup lagi. Awalnya gue nganggep lo cuma sebagai sahabat gue doang, Rin.
                Sampai pada kejadian waktu itu. Inget kan waktu SMP dulu, lo pernah deket sama senior kita yang Ketua OSIS itu? Gue cemburu berat, gue nggak pingin perhatian lo kebagi.
                Dan akhirnya gue berani buat nembak lo.
                Kali terakhir, saat kita putus... Sebenarnya juga karena Rina. Ternyata dia balik lagi kemari setelah semua pengobatan yang melelahkan itu. Dan gue, nggak bisa tahan untuk nggak bersamanya, Rin.
                Jadi, gue mohon, maafin gue ya.
                Kita masih bisa temenan kan?

                PRANG!
                Nggak ada sebersit rasa menyesal pun ketika aku melempar ponsel kesayanganku itu ke arah tembok dengan satu hantaman keras.
                Kalau dia memang benar-benar masih ingin berteman denganku, cowok ini benar-benar gila!



 Selesai





 Gaje? Gue bilang apa.
Pernah gak sih jadi bayangan orang lain gitu? Gak enak banget :v
Apalagi jadi cameo di cerita orang lain. Berasa ngenes.
Sekian dulu, gue masih milih-milih, galau mau diupload apa engga.
Abis gaje semua wkwkwkwwk.
Oke, sampai ketemu lagi ^^


Thanks to:
google.com


Comments

Popular Posts