Cerpen - A Place to Love

(http://www.oddities123.com/wp-content/uploads/2013/06/tunnel-love-4.jpg)

A Place to Love
Original Title: Palace of Love
Was written in May, 2011


*Caution:
Ada unsur alay ya maklum, this was made when I was in High School, so yeah :v 


“Akhirnya… Sampe juga!” baru pertama kali seumur hidup gue, menapaki tanah Pulau Bali yang terkenal itu. Liburan semesteran kali ini emang ngabisin banyak jatah 3 bulan uang saku gue. But, no problemo. Gak apa-apalah, sekali-sekali gue menikmati hidup.
Segera gue menggeret koper yang isinya cuma underwear sama kaos oblong. Kolor-kolor bergaya superman pun udah gue siapin dari jauh-jauh hari.
Sambil nyetop taksi, gue juga lagi mikir nih. Kayaknya gue tegaan juga, niggalin pacar gue di Bogor sana. Chika sih katanya pingin ikut, tapi males banget deh kalo gue disuruh ngongkosin. Secara cewek gue yang satu itu kerjanya ngabisin kocek gue mulu. Kalo gak clubbing, ya shopping.
Hehe… Gak seru juga donk kalo ke Bali gak ngaku single, ntar bule-bule ceweknya pada ngabur lagi! So, from now on, gue bakal ngaku jomblo selama gue masih menginjak Pulau Dewata ini.
Akhirnya dapet juga nih, taksi yang warnanya biru muda. Si pak sopir yang gue panggil ‘bli’ dengan sigap masukin koper gue ke bagasi. Pas udah masuk mobil, belum juga sempet bernafas lega…
“Bli, pantai Kuta!” seorang cewek yang perutnya rada buncit masuk dari pintu sebelah kanan mobil. Pake pakaian mau nikahan gitu lagi. Sontak aja gue marah.
“Eh, lo gak liat apa? Udah ada yang nyewa duluan?” gue maki-maki tuh cewek. Gila aja, Mario mau dilawan, ama cewek lagi!
“Eh, mas. Gak liat apa, gue lagi buru-buru!” cewek berperawakan putih itu jauh banget dari kesan cewek-cewek fresh from Bali yang gue tau ramah-ramah, beda juga warna kulitnya. Lebih gelap.
“Gue yang masuk duluan, lo gak bisa seenaknya gitu donk!” gue makin horny. Bli supir keliatan bingung kayak ngeliat domba sama kodok lagi adu mulut.
Tiba-tiba, terdengar suara gedor-gedor dari jendela kaca tuh cewek. Gue heran sekaligus panik. Akhirnya gue ngerelain harga diri gue digantung bentar, dan ngebiarin tuh cewek nyuruh Bli supir buat cabut ke Pantai Kuta.
***
Kita diem-dieman lama banget, jalan ke Kuta juga lagi macet total. Akhirnya setelah didorong keberanian yang datang entah dari mana, gue memulai percakapan yang menegangkan tersebut.
“Gue Mario…” gue mengulurkan tangan ogah-ogahan.
Sret!
Duh, tatapan nih cewek serem banget! Lebih serem dari tatapannya Dedi Corbuzeir!
“Gue Dewi…” dia mengulurkan tangannya yang putih.
“Lo orang sini…?” tanya gue mulai santai.
“Hampir. Gue kabur…” gue langsung mengernyitkan kening gue.
“Maksudnya?” tanya gue lagi. Duh, kok perasaan gue gak enak ya?
“Bukan urusan lo!” gue kira nih cewek udah jinak. Ternyata hormone cowoknya masih mode on, man.
***
“Kita mau kemana?” gue rada jiper pas tuh cewek ngajak gue masuk ke areal Pantai Kuta. Udah ongkos taksinya gue yang bayarin lagi!
“Udah ikut aja, lo butuh tempat nginep kan?” sempet tadi tuh cewek noleh ke belakang, tapangnya udah gak sejutek sebelumnya. Gue nurut aja. Kita akhirnya sampai di sebuah pondok yang terkesan minimalis dan hawai banget.
“Mbok Made…” tuh cewek neriakin sebuah nama, abis itu muncul seorang ibu-ibu yang langsung nyabet koper gue.
“Eh, eh…”
“Lo ikut Mbok Made aja. Ntar dia bakal nunjukin kamar lo… Mbok, Asri room, nggih?” kata Dewi. Mbok Made manggut-manggut terus menjulur pergi.
Gue cuma nunduk lesu. Hello, gue ke Bali kan mau liburan? Lha ini? Tuhan, teganya dirimu…
***
 Ibu-ibu bernama Mbok Made itu membawa gue ke sebuah kamar berpintu merah. Pas dibuka…
Aji gileee…
Keren abis dah! Ada AC, TV LCD… Dan kasurnya… Empuk banget euy! Serasa dudukin kapas! Desainnya juga unik, kamar mandinya pun isi air panasnya segala, bath tub. Beuh…
“Mbok, kalo permalam berapa?” tanya gue penasaran.
“Sekitar seratus dolar, Bli…”
“Ooh…” gue tanggepin sok biasa, pas gue cerna, satu dolar sama dengan sepuluh ribu, kalo seratus dolar… “Sa… Satu juta, mbok?” kata gue panas dingin.
“Ia, bli… Kalo perlu apa-apa, telepon aja pake itu… Suksma, Bli…” Mbok Made ngeloyor pergi. Ninggalin gue dengan satu pertanyaan yang berusaha gue jawab dalam hati.
Uang jajan gue 3 juta, masa gue di Bali cuma 3 hari?
***
“Gimana tidurnya, nyenyak?” Dewi menghampiri gue yang lagi duduk di restaurant depan pondoknya. Dia ngelampirin sepiring nasi goreng yang masih mengepul.
“Nyenyak, gue makan ya?” gue udah laper banget, secara semalem gue belom makan.
“Lo, sendiri ke sini?” Dewi nanya sambil senyam-senyum. Kalo dipikir-pikir, Dewi tuh cantik lagi. Bohai and putih. Asian Face gitu.
“Yup… Gak lama, gue ke sini buat liburan semesteran doank…” gue nelen nasi goreng dengan lahap. Tapi ada satu nih yang aneh tentang Dewi. Kok perutnya buncit gitu ya? Kayak orang hamil 5 bulanan gitu?
“Lo udah punya pacar?” kata Dewi lagi, nyoba nerawang pake bola matanya yang rada kecoklatan.
“Udah… Eh, maksud gue udah lama jomblo, hehe” gue nyengir kuda, baru keinget sama status gue selama di Bali.
Dewi senyum. Manis banget. Tapi gak tau kenapa, pas dia lagi ngeliat kea rah laut, matanya itu kayak nyimpen sesuatu yang sulit buat dibaca. Tapi setidaknya gue tau, itu bukan hal bahagia mengingat sorot matanya yang sendu itu.
“Lo sendiri”
“Gue? Gue cuma seorang cewek, satu-satunya cewek yang berusaha kabur di hari pernikahannya sendiri…” ujar Dewi tegar.
Jeda sejenak.
“Lo gak nanya kenapa?”
“Menurut kata-kata lo kemarin sih, gue lebih baik diam. Coz, silent is gold…” kata gue sok berpribahasa.
“Hah? Yang mana? Tapi apa…? Silent is gold…? O maksud lo diam itu emas, gitu?” Dewi belibet banget ngomongnya, tapi entah kenapa, dia jadi lucu banget kayak anak kecil pas lagi salting.
“Boleh donk! Lama di Amrik!” kata gue sok.
Pagi itu terasa lebih menyenangkan. Dewi akhirnya mulai membuka diri dan bercerita.
Dion, calon suaminya, bukan ayah dari anak dalam kandungannya. Yup! Dewi emang lagi hamil 5 bulan. Tragis banget, ketika pacarnya Dewi datang untuk melamarnya, seketika itu juga terjadi kecelakaan lalu lintas yang menewaskan cowok itu. Keluarga bahagia dalam benak Dewi pupus seketika. Padahal malam itu, Dewi juga ingin memberitahukan pacarnya, kalo dia lagi ngandung anaknya. Dewi dijodohkan dengan seorang pengusaha muda kenalan ayahnya. Dewi yang masih dalam keadaan berkabung, dipaksa untuk melakukan pernikahan secepatnya. Dua minggu kemudian, persiapan udah lengkap. Mereka hampir nikah, kalo aja gak nyoba buat kabur. Gak berhasil sih, tapi setidaknya bisa nunda acara itu.
Tapi tetep aja, pas mau dilangsungkan pernikahan kedua, Dewi kabur lagi. Dia cerita sambil bilang kalo oroknya yang ngidam pingin petualangan ala agen-agen rahasia gitu. Gokil tuh anak, eh orok…
Nah, pas acara nikahan yang ketiga, penjagaan udah ketat banget. Eh, malah si Dewi makin nafsu aja buat minggat.
Pas minggat terakhir itulah dia ngabur sejauh-jauhnya, sampai masuk areal Bandara Ngurah Rai segala.
“Untung gue punya pondok ini. Gak ada yang tau tempat ini, termasuk bonyok gue. So, gue aman buat sementara waktu” katanya ringan, sekaligus lega.
“Gokil, cerita lu bisa dinovelin nih! By the way, soal biaya kamar gue…”
“Lo tenang aja. Karena lo udah berjasa, gue gratisin deh… ” kata Dewi sumringah, tapi dengan lagak yang agak mencurigakan. “Tapi dengan satu syarat…” tuh kaaan…
“Apaan? Asal jangan suruh gue jadi bapak dari anak lo aja…” kata gue merinding.
“Bukan jadi suami gue kok, lebih tepatnya jadi suami bayaran gue…” katanya bangga.
“Hah? Maksudnya?” gue makin merinding. Mimpi buruk apalagi ini Tuhan .
“Gini-gini… Biar lo gak salah kaprah, gue jelasin… Lo bakal nemenin gue, dua puluh empat jam, sampai anak gue ini lahir…” kata Dewi sambil mengelus-elus perutnya.
“Hah? Gila! Gak, gak…” kata gue nolak. Apa kata dunia kalo gue jadi suami bayaran? Emang gue serendah itu apa!
“Eits… Lo gak bisa nolak… Karena lo tau apa… Mbok Made…” Mbok Made tiba-tiba datang membawa sebuah map berwarna hijau. Dewi menyodorkan map itu ke gue, pas gue baca pelan-pelan…
“Lho, kok bisa ada cap jempol gue?!” gue kejut donk.
“Jadi gini ceritanya, Bli…” Mbok Made siap-siap. Gayanya udah kayak pembaca dongeng profesional…
Malam itu…
Mbok Made masuk ke kamar Mario dengan kunci cadangan. Dia masuk berjingkit-jingkit. Setelah melalui proses yang panjang, akhirnya Mbok Made sampe juga di ujung tempat tidur Mario.
Sempet hampir gagal sih. Secara pas nyoba mendekat, Mbok Made diterpa sebuah bom gas yang disinyalir berasal dari pantat Mario.
“Ohok, ohok…” Mbok Made keceplosan. Emang ya, kalo kita niatnya jahat, pasti aja ada halangan. Katanya dalam hati.
Untung si Mario tidurnya mirip kebo. Jadi kalo ada gempa sekalipun, gak bakalan mempan deh!
Akhirnya dengan tekadnya yang kuat, Mbok Made berhasil mencapjempolkan kertas dalam map hijau itu.
“Sekian…” kata Mbok Made.
Dewi tersenyum simpul. Gila, nih cewek horny juga. Setuju gak setuju, mending setuju aja deh.
***
Di belahan bumi lain, Bogor…
“Iya sayang, tapi besok kamu jangan telat jemput aku ya? Jam lima kan? Iya… Udah ngantuk yah? Uh, kacian… Bobo gih… Sweet dream ya? Muach…” Chika lagi asyik dengan cowoknya yang di Bali.
Eits, tapi bukan Mario. Dia lagi teleponan sama cowoknya yang lain. Yup! Chika tuh ayam kampus, playgirl sadis dan lain-lain.
Besok dia bakal ke Bali. Yey! Akhirnya… Biarpun si pelit Mario gak ngajak-ngajak, tapi at last, Dewi bisa juga ke Bali.
***
“Mario… Bangun!”
Siapa sih, pagi-pagi gini…
“Lima menit lagi, bu…” ibu gue nih, emang suka banget ganggu orang tidur… Eh, bentar-bentar… Ibu? Perasaan gue lagi di Bali? Masa ibu gue ada di Bali.
Dengan sepetnya, gue buka kelopak mata gue perlahan… Banteng merah? Banteng marah? Dewi mar…
Buk!!
Sebuah bantal gempal mendarat di muka gue.
“Sakit, Wi…” kata gue meringis.
“Sakit? Masih mending pake bantal, pake pisau mau? Lagian, apa suara gue terdengar kayak nyokap lo?” katanya marah. Biarpun marah, Dewi tetep maja cantik dibalut baju hamil dengan desain modern yang minimalis. “Udah, mandi sana, abis itu temenin gue…”
“Eh, tunggu dulu, emang kita mau pergi kemana?” tanya gue merem-melek.
“Ada deh… Mandi sana! Bau lu tuh! Kayak semur jengkol!” sehabis maki-maki, Dewi pergi sambil menegakkan pinggangnya. Gue jadi lebih ngerasa ikhlas sekarang. Gue jadi gak tega maki-maki Dewi balik. Entar anaknya denger lagi, kan gak baik. Lagian gue sadar, seberapa besar penderitaan Dewi yang harus ditutupi dari lingkungan sekitarnya.
***
“Eh, ngapain kita kesini?” Dewi sadis nih, masa di bawa gue ke toko underwear sih! Khusus cewek-cewek pula!
“Yah, kan underwear gue udah pada molor, wajar donk gue pingin yang baru?” katanya sambil memilih-milih underwear di bilik kanan.
“Yah, tapi gak perlu bawa-bawa gue donk, Wi…” idih, tatapan mbak-mbak yang empunya toko pada horny-horny juga nih.
Untung kayaknya Dewi sadar akan kenggaknyamannya gue. Setelah ngebayar 5 pasang underwear, dia buru-buru ngabur. Ngajak gue makan di food court.
“Wi, umur lu berapa sih?” kata gue penasaran.
“Dua-tujuh. Emang kenapa?” katanya setelah melahap es teler.
“Gak… Beda delapan tahun donk sama gue…” kata gue ngasal, tapi emang bener sih, secara umur gue baru sembilan belas jalan dua puluh.
“Ultah lo kapan?” Dewi tiba-tiba bertanya.
“Mm… 25 Desember…”
“Wih, pas natalan donk?” katanya sumringah.
“Iya, gitu deh… Kalo lo?” kata gue nyambung.
“Sebenernya sih seminggu lagi… Tapi auk ah, toh gak ada yang peduli…” Dewi terdengar sendu.
Gue aneh deh. Kenapa tiba-tiba gue gak pingin ngeliat dia sedih ya? Gue ngerasa… Gue pingin banget ngelindungin dia…
Tenang aja, Wi… Gue bakal bikin ulang tahun lo kali ini berkesan, wait and see…
***
Sudut Bali yang lain, Bandara Ngurah Rai…
“Hay, Babe!” Chika ngeloyor ke pelukan cowok berkacamata hitam itu. Perawakannya yang tinggi membuat Chika merasa terlindungi dalam dekapan itu.
“Tadi delay 2 jam ya?” kata cowok itu.
“Iya, Babe. Sorry ya? Gak marah kan?” kata Chika manja.
“Gak kok… Aku gak bakal bisa marah sama kamu…” cowok itu tersenyum kea rah Chika, membuat Chika merasakan cinta yang sebenarnya. Yang lebih real, ketimbang ketika bersama Mario. “Hey…” cowok itu membuyarkan lamunan Chika. “Kamu kenapa?” katanya.
“Oh, nggak… Cuma kecapean aja kali…” katanya pelan, Chika emang udah ngerasa ada yang gak beres sama dirinya.
Mereka pun meninggalkan Bandara Ngurah Rai, menuju hotel pesanan sang pacar.
***
“Wi, kita ngapain lagi kesini?” sebelumnya, Dewi bekep mata gue dengan selendang hitam, pas buka mata, eh taunya kita lagi di sebuah danau, lengkap dengan segala permainan olahraga airnya.
“Gue pengen banana boat…” katanya manja.
“Duh, Wi… Kan lo lagi hamil? Ntar kalo terajadi apa-apa sama bayi lo gimana?”
“Yee… Bukan gue kali. Gue kan belum selesai. Gue pengen liat lo maen banana boat… Mau ya?” Dewi ngerlip-ngerlipin matanya gitu ke gue.
“Tap… ” gue wajar nolak donk, tapi entah kenapa, gue pengen bahagiain dia, pengen liat dia senyum. “Ya udah, deh…” kata gue pasrah, tapi tetep gue sunggingin senyum buat my-temporary-wife.
***
“Babe, mau nemenin aku main gak?” kata Chika, ia telah siap dengan dandanannya.
“Boleh, boleh” kata si cowok singkat.
“Kamu gak ada kerjaan kan?” kata Chika sambil mengambil topi lebarnya.
“Gak kok, aku hari ini bebas”
“Bener? Kalo gitu…” Chika mengambil i-phone pacarnya, “…barang ini harus lepas dari tangan kamu selama kamu sama aku, oke?” kata Chika, mematikan i-phone tersebut.
Si pacar hanya mengangguk tersenyum, takluk oleh kecantikan Chika yang memabukkan.
***
“Kalo main ini boleh…” kata gue lega. Gue dan Dewi masuk ke dalam bebek-bebekkan berwarna kuning. “Kalo lo capek, ntar gue yang gayungin deh!”.
“Haha, bisa aja… Emang lo kuat bawa 3 nyawa?” gue mengernyit bingung.
Kami pun bersenang-senang di atas danau yang bersuasana sejuk itu.
Ketika sedang membicarakan kelamin sang cabang bayi nanti, Dewi berhenti menggayungkan kakinya.
“Wi? Kenapa?” kata gue bingung, apa kata-kata gue ada yang salah ya?
“Yo… Itu…” gue mengikuti arah pandangan Dewi. Ternyata ada sebuah bebek-bebekkan pink yang melintas di depan kami.
“Kenapa Wi?” gue masih belum ngerti.
“Dia… Dion…” muka Dewi antara khawatir dan bingung, tapi matanya tetep ke depan. “Dia sama siapa?” katanya, dan akhirnya dia melihat ke arah gue juga.
“Oh, itu Dion. Sialan tuh cowok! Katanya dia calon lo, kenapa sekarang dia sama cewek lain? Bukan malah nyariin lo?” gue geram.
“Yah, itu lebih bagus sih…” kata Dewi yang malah terdengar lega.
“Wi…? Kok gitu?” gue bingung, bercampur marah.
“Yah, dengan dia udah punya cewek lain, gue bisa hidup bebas. Sebebas-bebasnya…” Dewi menekankan intonasinya pada kata bebas.
“Ya… Iya sih… Cum ague dendam aja, tega-teganya dia gituin lo…”
Ketika turun, pas banget ketika Dion dan cewek itu turun juga. Gue udah garang pengen nyamperin tuh cowok. Emang sih, badannya Dion lebih gede dari gue, tapi nyali gue, gak kalah gede sama badannya!
“Heh! Lo Dion kan?” Dion yang dipanggil pun noleh. Si cewek penggoda itu juga. Eh, tunggu-tunggu… Itu kan…
“Ma… Mario?”
“Lho? Chika? Ngapain kamu disini?” Sementara gue lagi liat-liatan sama Chika, Dion memelototkan pandangannya kea rah Dewi yang ogah-ogahan natap balik. Gue giring Chika ke pojokan.
“Eh, lo kok bisa disini? Sama Dion lagi?” kata gue geram, sekaligus penasaran. Secara si Chika, cewek gue, kok bisa ada di gandengan cowok lain?
Chika terlihat mengatur nafasnya, lalu berkata, “Yo, udah deh. Gue capek. Sebenernya gue udah pengen ngomong lama, gue pengen putus…” Chika mengakhiri kalimatnya dengan nada yang dipelankan.
“Mak… Maksudnya? Kenapa, Chik?” terang aja gue bingung, perasaan hubungan gue sama dia baik-baik aja.
“Lo selalu dan selalu nyuekin gue. Lo gak perhatian, Yo… Padahal itu yang paling gue butuhin dari seorang cowok, seorang pacar… Tapi Dion, dia lebih bisa ngasih gue perhatian, dia ngertiin gue banget, Yo… Gue sayang dia…” kata Chika lemas.
“Lebih dari sayang lo ke gue, Chik?”
“Lo kakak gue, Yo… Always be…” setelah berkata begitu, Chika meluk gue. Lama, hangat. Semenjak saat itu, rasa cinta gue ke Chika berubah. Lebih sebagai adik, seperti pintanya.
***
Gak tau kenapa nih, si Dewi jadi cemberut. Bukan karena tampang Dion yang ada di depannya, melainkan karena si Mario lagi asyik peluk-pelukkan sama, siapa tuh, nama cewek itu…
“So, lo lebih suka berondong, Wi?” tiba-tiba Dion membuyarkan lamunan Dewi.
“Well, bukan urusan lo…” kata Dewi sewot.
“Lo gak kasian, Wi… Sama papi-mami? Mereka nyariin lo kemana-mana…” Dion bermuka serius, tetapi pandangannya masih ke arah Mario dan Chika.
“Mereka gak ngerti perasaan gue, Yon… Gue mau ngelahirin, ngerawat dan ngejaga anak ini sendiri… Tanpa orang lain…” kata Dewi bersikukuh.
“Lo yakin, lo bisa?” Dion melihat kea rah Dewi sejenak, lalu berdesah lega, “Oke deh. Gue bakal ngasih pengertian sama keluarga lo. Tapi sampe kapan lo mau sembunyi dari mereka, Wi?”
“Sampe anak gue lahir, Yon…” kata Dewi dengan sorot mata yang memelas.
“Lo yakin?” kata Dion lagi. Dewi menganggukkan kepala mantap. “Oke, gue bakal jaga rahasia…” Dion tersenyum.
“Thanks ya, Yon…” mereka pun berpelukan, tanda terima kasih yang tak bisa diungkapkan oleh kata-kata.
***
“Tadi lo ngapain? Pake  peluk-peluk tuh cewek segala?” Dewi nyerocos aja pas gue baru nyetarter mobil.
“Jadi gini Wi… Chika tuh pacar gue, lebih tepatnya mantan sih…” jelas gue. Dewi masih dengan mata melototnya. “Tapi tenang, udah putus kok. Dia minta gue jadi kakak aja…” gue takut-takut bilang ke Dewi. “Wi…” kata gue.
“Apaan?” Dewi udah horny duluan, gak perlu pake topeng deh, mukanya udah serem kayak topeng tradisional gitu!
“Gue minta maaf ya, gue gak jujur…” kata gue lagi. Lega banget abis ngomong gitu.
“Jujur?” Dewi seolah pengen denger pernyataan lengkap gue.
“Iya, kan waktu itu gue bilang jomblo…” gue mandang ke arah samping, eh si Dewi malah senyum. “Kenapa lo? Senyam-senyum gitu?”
“Hmph… Hahahahahahaha…” tawanya meledak.
“Yah, malah ketawa. Woy!” abis itu, sepanjang perjalanan Dewi bilang kalo muka gue tuh paling aneh pas lagi serius. Mirip pantat bebek katanya. Sialan.
Tapi gak apa-apa sih. Toh si Dewi gak manyun lagi. Gue seneng liat dia ketawa. Semoga entar anaknya bisa nurunin senyuman semanis itu juga. Amin.
***
“Chik… Gimana kalo kita udahan aja?” Dion memulai percakapan ketika mobil BMW keluaran terbarunya baru keluar areal parker.
Chika yang sedari tadi asyik berhayal, tiba-tiba dikejutkan oleh kata-kata Dion barusan. “Aduh, Babe… Jangan bercanda donk… Kamu bikin aku jantungan deh…”
“Aku serius, Chik…” kata Dion lagi. Kini mukanya berubah serius. Raut muka yang jarang banget ditampakkan oleh seorang Dion kepada dirinya.
“Kenapa? Mario? Kita udah putus kali. Kan tadi aku udah bilang…”
“Mario… Bukan cuma Mario kan? Aku udah tau semuanya…” Dion membuka kartu AS-nya.
“Maksud kamu apa sih, aku gak ngerti…” Chika berusaha mengelak.
“Kamu gak usah boong lagi. Tadinya aku pikir kamu bakal cerita semuanya ke aku. Ternyata aku salah, salah dari awal kita bangun hubungan ini…” terjadi jeda sebanyak satu menit.
“Aku ngaku, aku salah… Tapi asal kamu tau, Yon… Yang aku sayang tuh cuma kamu…” Chika mengeluarkan jurus tandurnya, tampil sememelas mungkin. Tapi sepertinya Dion telah bosan, ia terlihat teguh pada pendiriannya.
“Cukup, Chik. Aku capek… Kita pulang. Ini terakhir kalinya aku nganter kamu. Di hotel udah ada tiket buat balik ke Jakarta…” percakapan itu berakhir mengambang. Chika menahan tangisnya. Rasa gengsinya masih tertegun erat di lubuk hati terdalamnya.
***
Waktu pun berlalu dengan cepat. Gue juga udah USG-in si cabang bayi. Katanya sih, kelaminnya cewek. Dewi sumringah. Girang banget dengan kabar itu.
Dewi juga ngejalanin segala macem perawatan salon yang dianjurin buat ibu hamil. Dia baca majalah tentang apa aja yang harus dipersiapin mulai dari sekarang. Dewi pake ikut acara senam juga lho. Pokoknya dia exited banget.
Selama itu pula gue selalu ngedampingin dia. Ngejaga dua nyawa itu memang ngerepotin sih. Tapi gue enjoy banget. Ini merupakan pengalaman pertama gue. Gue jadi dapet banyak pelajaran yang gak bisa gue pelajarin dalam kehidupan sehari-hari gue.
Gue juga ngasih kado spesial buat Dewi pas hari ulang tahunnya. Dia ngakak pas tau gue nyiapin candlelight dinner buat dia. Kita makan malem dengan suasana yang romantis banget. Kita juga sempet ngomongin impian dia…

“Wi, lo punya impian gak?” tanya gue tiba-tiba.
Dewi nyengir sebelum bilang, “Tumben nanya gituan… Impian ya? Gue pingin jadi nakhooda…” mata Dewi berseri-seri.
“Hah? Kok bisa?” kata gue heran.
“Ya, bisa lah… Gue suka banget sama Laut... Ombaknya, karangnya… Anginnya… Gue pengen berlayar ke tengah samudra, bebas… Hehe, lo pasti mikir gue cewek aneh…” kata Dewi.
“Eh, nggak kok! Justru bagus. Kan jarang ada nakhoda yang female… Apalagi secantik lo, Wi… Hahaha…” gue coba ngelucu.
Dewi malah natap gue lekat-lekat, lalu bilang…
“Thanks ya, Yo…” katanya.
“Buat apa?” tanya gue asal.
“Thanks buat semuanya. Makan malemnya… Kehadiran lo… Itu anugrah yang luar biasa buat gue, Yo…” katanya, buset dah, jantung gue keras banget dentumannya!
“Sa, sama-sama… Gue ikhlas kok…”

“Yo, sini!” kata Dewi. Kita lagi nge-mall. Dewi narik tangan gue dan masuk ke dalam photobox.
Klik.
Foto itu ada dua lembar. Dewi bawa satu dan satu lagi gue masukin ke dompet.
***
“Apa, Dok? Saya…” Chika yang sedari tadi menunggu dengan harap-harap cemas di salah satu rumah sakit terkemuka di Bogor.
“Ya, anda mengidap penyakit HIV atau AIDS… Maaf sebelumnya, sepertinya hidup anda tidak akan bertahan lama…” kata Dokter setengah baya bernama Tony itu.
“Kira-kira… Berapa lama, Dok? Saya bisa bertahan…” ujarnya dengan wajah yang tak bisa diinterpretasikan dengan kata-kata.
“Sekitar, 1 bulan dari sekarang…” setelah berkata begitu, Dokter itu pergi meninggalkan ruangannya karena panggilan seorang suster, meninggalkan Chika dalam kesengsaraan pikirannya.
Ia sadar, pekerjaan yang selama ini haram ditekuninya. Pekerjaan yang kelak suatu hari akan membawanya ke ambang kenistaan, ke akhirat.
Chika ingin sekali menangis. Tapi Ia merasa enggan untuk menangis disana. Ia pun memutuskan untuk mengeluarkan dirinya dari ruangan itu. Mencari sebuah tempat yang aman, tentram. Dimana semua bisa ia tumpahkan segala penat di hatinya.
Diskotik.
***
“Hai, Wi…” kedatangan Dion mengejutkan gue dan Dewi yang lagi asyik suap-suapan. Muke gue udah tebel tuh, nyadar gak si Dion kalo kedatangannya gak diharapkan?
“Hai, Yon… Tumben mampir?” Dewi keliatan khawatir gitu. Tapi iya sih, kalo diliat-liat, muke Dion lebih surem dari biasanya.
“Iya, gue gak ganggu kalian kan?” Dewi menggeleng menanggapi Dion, lalu mengisyaratkan gue buat pergi. Gue heran, tapi toh kayaknya si Dion pengen curhat. Gue ngabur aja dengan lagak mau ke belakang.
Gue nangkring di belakang pintu dapur. Dari situ gue bisa denger samar-samar, sekaligus gak keliatan dari mereka.
Mereka ngobrol. Serius banget mukanya Dion, begitu juga dengan Dewi. Gue jadi penasaran. Dan yang bikin gue sign up, pas Dion nyebut nama Chika. Kayaknya mereka lagi ada masalah deh.
Gak lama, handphone gue bergetar. Dari nomor tak dikenal. Gue tungguin sebentar, siapa tau cuma miscall iseng. Eh, gak berhenti. Gue angkat aja.
“Halo? Ya, benar. Saya Mario. Iya saya kenal Chika. Apa? Dimana? Oke, oke. Gue tau kok. Iya, iya. Gue ke sana sekarang…” kata gue yang tadinya dengan suara rendah, sekarang udah mirip macan melengking.
Dewi sama Dion udah ngeliat ke arah gue. Kebongkar deh. Gue senyum, tapi senyum yang jauh banget dari kemanisan.
“Kenapa lo, Yo?” tanya Dewi heran.
“Eh, eh… Gini…” gue engah-engeh. Nyoba kasih tau mereka. Akhirnya gue ngambil nafas panjang. Dalam satu hentakan gue bilang, “Chika kena AIDS… Dia di rumah sakit Bogor sekarang…”
Setelah berkata gitu, Dion ngambil kunci mobilnya. Langsung ngabur.
“Kejar, Yo…” gue langsung lari. Dewi tetep duduk disana.
Akhirnya gue berhasil nyamperin Dion sampe ke tempat parkir.
“Yon… Lo…” kata gue yang masih ngos-ngosan.
“Gue harus nyusulin Chika, Yo…” katanya.
“Gue ikut!” kata gue. Sumpah itu keluar begitu spontan.
Dion diem sebentar. Mengernyitkan dahinya. Abis tuh dia langsung masuk mobil, bukain pintu disampingnya dengan tombol otomatis.
Di perjalanan, Dion nyeritain semuanya. Gimana awalnya dia bisa putus sama Chika. Soal ayam kampus. Semuanya. Dia juga cerita kalo sebenernya dia gak bisa hidup tanpa Chika. Dia sampe gak ngurus perusahaannya selama seminggu lebih.
Sesampenya di bandara, Dion langsung beli tiket. Dia milih yang berangkat hari itu juga. Gue duduk di sebuah kursi panjang. Tiba-tiba gue inget pas pertama ketemu Chika…
Waktu itu kita ketemu di kantin kampus. Dia ngeliatin gue yang ketika itu lagi asyik bercengkrama bareng sobat-sobat gue…
“Yo, liat deh… Tuh cewek hot juga…” ujar Tito, temen gue yang hobi banget sama bola.
“Lucu lagi, imut…” Rego ikut nimbrung, atlit climbing yang berotot ini juga ikut muji Chika.
Waktu itu, gue gak tau kalo Chika cewek gituan. Termasuk temen-temen gue. Gue samperin aja Chika yang lagi sendirian. Kita ngobrol, tuker-tukeran pin BB.
Malemnya, gue BBM-an sama Chika. Anaknya asyik. Bisa diajak becanda sampe ngobrolin bahan-bahan skripsi bareng.
Seminggu kemudian kita jadian. Kita kemana-mana bareng. Ngampus, ngantin, nonton… Sampe suatu hari Chika ngajak gue begituan. Tapi gue gak mau. Gue bilang, gue gak pengen ngelakuin itu sebelum gue nikah nanti. Chika melongo, abis itu dia gak pernah ngajakin lagi.
Pernah gue mergokin dia lagi mesra-mesraan sama cowok lain di kampus. Dia minta maaf, gue gak bisa gak maafin dia. Kita tetep jalan bareng.
Kita pacaran udah hampir 6 bulan. Gitu aja, ada sesuatu di hati gue yang bilang untuk nahan. Slow down aja, jangan maksa suatu komitmen. Gue gak pernah ngomong. Chika juga gak pernah bring that topic. So, as far, kita masih baik-baik aja.
“Yo, udah jamnya…” Dion membangunkan gue dari lamunan gue. Gue ngangguk. Chik, lo udah gue anggep sebagai temen, pacar sekaligus adik gue. Lo harus tahan, lo gak boleh mati segampang itu.
***
“Sus, atasa nama Rasyika Alief?” gue nyebut nama lengkap Chika.
“Tunggu sebentar ya. Bangsal 5, nomor 6…” Dion udah ngabur duluan.
“Thanks, Sus…” gue juga ikutan ngabur. Sempet gue liat si Suster ngucapin sama-sama.
Gue berhasil nyamain kecepatan gue. Mantan atlit lari! Hehe. Dion dan gue hampir aja dimarahin sama satpam yang lagi jaga, tapi kita keburu sembunyi. Pas keadaan udah aman, kita masuk dengan langkah yang sedikit pelan daripada tadi.
“Chika…” Chika yang sempet termenung, ngeliatin jendela, langsung noleh ketika Dion manggil dia…
Dion langsung meluk Chika. Tangis Chika pecah. Gue nangkring di pintu, gak pengen ngerusak moment ini.
Kita nungguin Chika seharian. Gue sempet keluar beliin roti caramel kesukaan Chika. Gue juga sempet pulang ke kosan dulu, sekedar kecibang-kecibung terus ganti baju. Sampe di rumah sakit, gue nyuruh Dion pulang. Dion sempet ogah-ogahan. Tapi dengan bujukkan Chika, Dion luluh juga. Jadilah gue yang nemenin Chika malem itu…
“Yo… ” kata Chika.
“Ya? Kenapa? Ada yang sakit?” tanya gue khawatir.
“Gak, Yo… Gue… Cuma minta tolong satu hal sama lo? Boleh kan?” gue ngangguk, hampir nangis. “Gue pengen, besok lo bawa pergi si Dion… Gue gak pengen liat muka dia lagi…”
Gue heran, “emang kenapa, Chik? Bukannya lo sayang dia?”
“Cukup, Yo… Cukup sehari aja. Gue gak pengen bikin dia sedih dengan keadaan gue sekarang… Rasa cinta gue terlalu besar untuk ngebiarin dia nangis buat gue… Gue pengen di sisa hari gue, gue cuma ditemenin sama lo. Gue tau sikap gue aneh…” abis itu Chika nyoba nahan tangisnya.
“Gak kok. Gue ngerti. Besok gue bakal ngelakuin apapun buat jauhin lo dari dia” kata gue serius. “Udah, Chik… Jangan ditahan… Keluarin aja…” Chika langsung nangis di pundak gue. Gue cob angelus rambutnya, menguatkan sosok yang sempet ngisi hari-hari gue.
***
“Pagi, Yo…” Dion datang dengan sumringah. Pagi ini gue sengaja nunggu dia di ruang tunggu, luar kamar.
“Pagi…” gue jawab seadanya. Dion ngerasain keanehan di muka gue. Tapi dia tetep masuk, buka pintu kamar Chika, tepatnya mantan kamar Chika.
“Yo, Chika mana?” tanyanya serius. Gue udah latihan semalem suntuk buat ini. Gue harus total.
“Chika… Udah pergi Yon…” kata gue, sambil sedikit sesenggukan.
Dion seperti patung. Dia nyoba nyerna kata-kata gue barusan. Perlahan dia masuk  lagi. Nangisin kepergian Chika. Dia ngelus selimut itu.
Sorry ya, Yon. Gue harus boong. Tapi ini satu-satunya cara buat ngabulin permintaan Chika. Ya, demi Chika.
***
Dion menghamburkan bunga dengan penuh  perasaan pilu di makam yang gue udah persiapin kemarin. Gue dapet semua dana dari Dewi. Dia ikhlas. Tuhan, maafin gue. Sebenernya gue gak tega. Tapi gue lebih gak tega lagi kalo bikin Chika sedih di hari-hari terakhirnya.
Besoknya gue minta ijin duluan pulang ke Bali. Gue bilang kalo Dewi udah nyuruh gue pulang dari kemarin, padahal bohong belaka.
“Yo, jagain Dewi baik-baik ya?” kata Dion.
Gue ngerasa aneh dengan kata-kata dia barusan. Tapi gue ngangguk aja. Dia nganterin gue sampe depan bandara.
***
“Gimana tempatnya? Nyaman?” kata Dewi. Usia kandungannya udah nyampe 8 bulanan. Perutnya udah tambah besar. Dia lagi nemenin Chika di kamar barunya. Yup, Chika dipindahin ke Bali yang registrasinya bisa dijamin kerahasiaannya.
“Nyaman banget… Thanks ya, Wi… Padahal gue pernah mau ngerebut calon lo…” Chika menegakkan punggungnya. Membuat posisinya kini lebih nyaman.
“Jangan dipikirin. Gue udah denger semua rencana Mario, lo yakin mau ngelanjutin ini, Chik?” ujar Dewi jujur, penasaran dari awal.
“Yakin, Wi…” tatapan Chika yang tegas ngebuat Dewi mengakhiri percakapan dengan senyuman. Mereka pun mnegobrol sambil menanti kedatangan Mario.
***
Gue ngebuka pintu kamar VIP di rumah sakit baru Chika. Pas gue masuk, Dewi sama Chika senyum dengan keadaan berbeda.
“Hai, Yo…” kata Chika, agak serak. Dia mengucapkan kata ‘thanks’ tanpa suara.
“Yo, gue pengen ngomong…” Dewi pun menggiring gue ke luar kamar. Ekspresi mukanya berubah serius.
“Dion gimana?” kata pertamanya setelah gue pulang ke Bali. Gue gak jawab, gue meluk dia, tapi gak seerat yang gue bisa, entar perutnya kenapa-napa lagi! “Yo?” katanya.
“Gue kangen… Hehe” gue ngelepasin pelukan sambil nyengir ria. Dewi senyum aneh ngeliat kelakuan gue. “Dion ya? Gue udah berdosa banget nih sama dia…” kata gue pasrah.
“Ya, sih. Gue juga sebenernya gak tega bohongin orang sebaik dia. Tapi mau gimana, Chika yang minta…” Dewi coba ngertiin.
“Gimana kabar anak gue?” kata gue asal. Dibarengi tabokan pelan di ubun-ubun gue.
“Anak lo? Sorry-sorry aje ye…” abis itu kita becanda lagi. Ketawa-ketawa lagi. Gue kangen sama dia. Kangen senyumnya.
***
Besoknya, entah ada angin apa, gue nyewa kapal pribadi mini. Keadaan Chika udah lebih baik. Dia juga bilang gak pengen ngerepotin katanya.
Pagi itu, gue nyuruh Dewi siap-siap. Kita berangkat jam sepuluh. Gue nutup mata Dewi seperti yang pernah dia lakuin ke gue. Rencananya gue pengen ngelamar Dewi disana. Ya, gue udah yakin banget sama keputusan gue. Gue gak bakal peduli sama apa yang bakan dibilang orang nanti, termasuk bonyok gue. Menurut gue, Dewi sosok yang gak ada duanya di kerajaan hati gue.
***
“Taraa…” kata gue sambil merentangkan tangan.
“Gue udah duga nih… Pasti lo bakal bawa gue ke tengah laut…” ujar Dewi sambil melihat-lihat sekelilingnya.
“Yah? Kok tau? Gak surprise donk…” kata gue dengan mimik kecewa.
“Hehe… Becanda kok. Gue nebak lagi… Ternyata bener…” katanya berusaha menyenangkan gue.
“Wah, berarti si dedek bakal jadi peramal donk. Di perut aja bisa ngelamar…”
“Ngeramal kali…” suasana senja membuat semua jadi lebih romantis. Gue tatap mata Dewi. Lekat.
“Wi… Gue boleh ngomong sesuatu gak?” gue mulai pengakuan gue.
“Mau ngomong apa? Ngomong aja lagi…” Dewi masih sibuk ngeliatin indahnya matahari di ujung sana. Gue ngerasa dicuekin nih. Gue pegang aja tangan Dewi, gue paksa dia liat keseriusan gue.
“Wi… Gue suka sama lo…” gue biarin jeda semenit buat ngeluapin perasaan gue, cukup dengan kedua mata gue.
“Gue… Gue gak bisa, Yo…” Dewi nyoba ngelepasin tangannya. Tapi gue gak, gue raih lagi jemari-jemarinya.
“Kenapa, Wi? Apa… Gue gak pantes buat lo?” ujar gue dengan nada sok di-drama-drama-in.
“Gak, Yo… Lo terlalu baik buat gue… Gue gak mau orang sebaik lo sia-sia kalo sama gue…” Dewi pasrah tangannya dipegang lama-lama sama gue.
“Sia-sia apa? Lo tau, Wi… Gue gak bisa hidup tanpa lo, senyuman lo… Tanpa si dedek…” gue ngelus si cabang bayi dengan lembut. Lalu beralih lagi ke mata Dewi.
“Yo… Gue sebenernya sayang sama lo…” katanya luluh, ngebuat gue menyunggingkan senyum simpul. “Gue gak tau ini bermula dari kapan… tapi rasa itu udah ada… Nyangkut disini…” Dewi mindahin tangan gue ke dadanya. “Lo yakin?” tanya Dewi akhirnya.
“Yakin seratus persen, Wi…” gue meluk Dewi dengan penuh sukacita. Pelukan terlama dalam hidup gue, bersama calon permaisuri… dan calon anak gue.
***
Dion sesengitan. Dia ngerasa aneh. Kenapa gak ada satu pun acara pemakaman yang seharusnya dilaksanakan oleh kebanyakan sanak keluarga. Bahkan sahabat sekampus pun tidak.
Dion lagi-lagi merasa aneh. Ia sudah menyewa detektif buat nyelidikin semua ini. Dan si detektif yang berbekal cek uang pemberian Dion, dengan cepat mendapatkan hasil.
Semua itu ada di amplop coklat. Dion ngebuka amplop itu dengan sigap. Di abaca… Huruf demi huruf. Kalimat demi kalimat. Sampai semuanya berakhir pada sebuah kesimpulan. Chika di Bali. Dan seseorang yang tak dikiranya… Ternyata berbohong.
***
“Halo?” gue ngerungut kesel. Ada aja yang ganggu. “Oh, Dion. Apa kabar?... Hah? Lo di Bali?... Gin, gini, gue bisa jelasin… Yon, halo, Dion?” gue bingung sekaligus jiper.
“Siapa? Dion? Dia di Bali?” Dewi ikut panik.
Gue natap Dewi. Dia ngerti. Dia nyuruh nakhoda yang tadi ngajarin dia tentang pelayaran buat balik. Gue siapin batin, siapin kata-kata. Gue sebenernya tau, cepet atau lambat, semua bakal terbongkar.
***
“Halo! Gak usah nanya kabar gue! Kenapa lo sembunyiin ini semua? Gue di Bali sekarang. Gak, lo gak perlu jelasin. Gue udah tau semuanya…” Dion berhenti berbicara, bahkan tak sengaja handphonenya jatuh dari genggaman.
Di lorong itu ada 5 kamar. Dia tau kalo kamar Chika ada di paling pojok. Dan betapa terkejutnya dia, ketika tau beberapa suster laki-laki dan perempuan, mendorong sesuatu di balik selimut putih.
Dion mendekatinya… Dibukanya selimut itu. Chika… Itu Chika. Dia… Tersenyum…
Tak kuasa, Dion menutup kembali selimut itu. Membiarkannya lewat. Dion mencari tempat duduk terdekat. Membekap mulutnya yang sungguh ingin berteriak. Tangisnya pecah. Ia menggumam pelan…
“Kenapa Chik? Kenapa…”
Lalu terdengar suara langkah. Ada yang berlari, ada yang melangkah pelan. Dion mendongak. Rasa dendam, marah, kesal, bercampur jelas di wajahnya.
Bukk!!
Satu pukulan telak mendarat di pipi kiri Mario. Ia meringik kesakitan… Sedang Dewi memekik keras, Dion melihat matanya yang berair. Dion masih punya hati, mengingat Dewi sedang hamil besar. Dilepaskannya genggaman Dion sehingga Mario bisa bernafas.
“Chika nyuruh gue tutup mulut, Yon! Dia sayang sama lo! Dia…” sebelum Mario sempat melanjutkan, Dion nyerobot dengan kekesalan yang gak bisa diukur…
“Bullshit! Kalo lo disuruh makan t**, lo mau, Yo? Bullsiht semua, brengsek! Arrgh!” pekik Dion keras. Membuat suasana di rumah sakit itu makin mencekam.
Dewi takut-takut, dia nyoba deketin Dion. Mario coba nyegah dengan bahasa tubuh. Dewi mengangguk pelan, menyuruhnya untuk tenang.
“Yon… Gue tau. Seberapa besar sayang lo ke Chika… Gue, juga pernah Yon… Pernah…” Mario melangkah buat meluk Dewi. Dion mulai menenangkan wajahnya.
“Lo udah baik banget udah pernah mau nikahin gue, ngegantiin kakak lo, Fian…” Mario yang gak tau apa-apa, cuma bisa melongo. “Iya, Yo. Dion itu adiknya Fian…” Dewi semakin sesenggukan. “Tapi gue sadar diri. Gue tau lo kepaksa, lo orang baik, Yon. Chika beruntung bisa dicintai sama lo. Dia tenang disana, Yon… So please… Let her gone with smile… Ya?” kata Dewi, menyentuh pundak Dion.
Tangis Dion pecah lagi. Tapi kali ini dibarengi senyum. Tipis. Tapi gue dan Dewi gak mau kalah. Kita juga mau ngelepas Chika dengan senyuman. Bukan tangisan…
***
Abu Chika kita buang di pantai. Gue inget permintaan Chika waktu kuliah dulu. Sambil becanda, dia pingin abunya nanti dibuang di pantai. Satu hal yang gue lupa. Gue jatuh cinta sama dua orang, yang sama-sama mencintai laut. Dan kecintaan itulah yang membuat gue kagum.
Klise memang. Gue selalu nyoba buat kabur dari kenangan gue sama seseorang. Mantan gue yang suka banget sama laut. Namanya Rea. Dia udah lama pergi buat ngejar cita-citanya yang pingin jadi nakhoda di luar negri. Kenyataan bahwa gue ditinggal sama Rea, kenyataan bahwa dia ketemu seorang nakhoda laki-laki yang lebih menarik dari gue. Ngebuat gue ngubur kenangan itu dalem-dalem. Gue ikhlas selama dia bahagia.
From now on, gue bisa ngejalanin hidup gue dengan lebih baik. Lebih bahagia. Bahagia sama cinta yang sedari dulu gue cari. Dan itu ada di Dewi.
Rahasia tentang Rea, cukup gue tamping sendiri.
***
“Selamat, Pak… Anda mendapat dua putri yang sangat cantik…” Suster membukakan pintu, membiarkan gue ngeliat istri dan dua anak gue yang nangis goer-goer. Gue ngambil salah satu anak gue. Yang satu dipeluk Dewi.
“Gue mau namain dia… Chika… Boleh kan, Yo?” kata Dewi yang di keningnya masih berkeringat.
Gue ngangguk.
Gue minta Dewi ngebiarin gue kasih nama anak yang satu lagi. Gue pengen namain dia, sesuai dengan nama cewek yang pernah singgah di hati gue.
Dewi ngangguk juga, gak nanya alasannya kenapa.
Kita hidup bahagia, di suatu kerajaan cinta bernama keluarga.
***




TAMAT
KEEP THAT SPIRIT ALIVE; KEEP YOUR SMILE WITH HAPPINESS.





Thanks to:
Google, oddities123.com, Blogger

Comments

Popular Posts