Skripsi Ala Literatur - Ide Topik Pembahasan


Wkwkwkwk, kekhawatiran terbesar mahasiswa ya yang satu ini.
That's why gue mau coba ngumpulin ide dari sekarang, sebelum terlambat coy.
Btw, gue tertarik buat make literatur sebagai bahan. Misalnya novel atau bahkan cerpen kece sekali pun. Tapi gue sempet bingung, bahan apa yang mau gue pake, topik bahasan apa yang mau gue bahas. Seiring berjalannya kuota, gue nemu beberapa ide yang terinspirasi dari beberapa skripsi sebelumya. Berikut idenya:

1. Nilai Edukasi dan Moral Value
Ini salah satu yang paling banyak dipake. Lumayan sih, kalo emang niatnya mau bikin library research ke arah pendidikan, apalagi kalo menjurus ke pendidikan karakter.

2. Konflik Batin dan Pengungkapan Jati Diri
Pergulatan karakter dalam sebuah cerita emang kadang menarik ges buat dibahas. Apalagi karakter yang punya kepribadian yang emang kuat dan cucok buat dibahas, jadi semangat deh bikin skripsinya hehe.

3. Pembahasan Penggunaan Majas dan Idiom
Kadang pula kita nemuin penggunaan majas dan idiom yang menarik dalam sebuah alunan cerita. Saking seringnya kepake, atau besarnya efek takjub ketika baca bisa jadi karena antar cerita dan penggunaan simbol kebahasaan ini emang patut buat dibahas gengz.

4. Citra dan Budaya
Sebuah cerita kadang punya citra dan budayanya masing-masing. Untuk citra, disini maksudnya adalah tentang bagaimana sebuah cerita menimbulkan makna atau perasaan tambahan yang menjadi ikon untuk sebuah fenomena, misal aja tentang Citra Perempuan, Citra Anak Muda dan lain-lain. Untuk budaya, sorotan sebuah budaya di dalam cerita bisa jadi sebuah ikon pula untuk menjadi topik pembahasan yang menarik (biasanya kelihatan di judul sih).

TIPS:
Gue saranin sih pilih bukunya dulu gengs, boleh aja sih kalo mau milih topik pembahasannya, tapi kadang di novel atau literatur lain, ada satu unsur yang lebih menonjol dari unsur yang lainnya. Nah, ada baiknya untuk menggunakan unsur tersebut sebagai topik, supaya yang baca juga kiranya satu pikiran sama penelitian kita gengs. Kalo lo ngerasa ada unsur unik yang gak semua orang ngerti, ya bisa aja sih lu bahas, tapi usahain justification (pembuktian dan pengadaan pembahasan) harus bener-bener dalam dan meyakinkan ya ges ^^



Ges, nih ada video KPOP buat bikin tambah semangat.
Dari TWICE yang ngegemesin, judulnya Knock Knock ^^


Twice - Knock Knock


Thanks to:
Google
Youtube
JYP Ent.

Comments

Popular Posts