Catatan Gaje – Edisi Pasrah




Lee Hi - Breathe 


Balik lagi ditemenin sama lagunya Lee Hi yang berjudul Breath.
Kali ini enaknya ngebahas apaan ya…
Yaudah mending curhat yang berkualitas aja:

PASRAH


1. Kenapa kebanyakan manusia bisa mengucapkan kata ‘Pasrah’?
Mulai dari alasan kenapa pasrah masuk dalam opsi solusi. Seperti yang kita ketahui, semua hal dalam hidup ini tuh kayak koin. Punya dua sisi, buruk dan baik.
Nah, dalam hal menyelesaikan sebuah masalah, kebanyakan akan berpikir untuk membuat solusi yang kiranya positif atau negatif. Jika positif bagi dirinya, maka tipe orang yang satu ini akan memilih untuk berusaha mencari solusi dari permasalahan yang dihadapi. Beda halnya dengan orang yang cenderung untuk mengikuti kata hatinya, dengam mengambil keputusan tanpa pikir panjang. Hal ini muncul akibat stigma di dalam pikiran seseorang yang membuatnya mengambil keputusan yang lebih negatif. Alasannya: terlalu malas untuk memikirkan orang lain (efek) dan juga bisa disebabkan oleh sebuah pikiran yang lebih mulia. Memang ini terdengar abstrak, tapi kadang seseorang melakukan sesuatu yang salah untuk membenarkan satu hal lainnya. Misalkan ketika kita berhadapan dengan masalah percintaan, kebanyakan wanita akan lebih memilih untuk lari dari masalah yang ia hadapi untuk menyelamatkan kadar kesabaran sekaligus menjadi tamengnya dalam mempertahankan diri.
Pasrah? Ini opsi terakhir. Kenapa? Karena alasan yang serupa dengan pilihan negatif. Seseorang kadang terlalu malas untuk memutuskan sesuatu dalam hidupnya. Dalam pemikiran yang agak primitif, manusia percaya akan takdir. Takdir. Pegangan yang sangat lazim bagi seseorang untuk pasrah. Berdalih bahwa hal tersebut bukan merupakan hal yang sama dengan menyerah. Meski pada akhirnya, pasrah dan menyerah merupakan kawan yang bergandengan, yang tidak dapat terpisah satu sama lainnya. Berbeda tapi tak sama. Pasrah seyogyanya masih melakukan pengharapan, namun menyerah berarti sepenuhnya tidak mengharapkan apa-apa.

2. Mengapa memilih ‘Pasrah’?
Karena pasrah merupakan pilihan yang sangat mudah. Sangat, sangat mudah. Sesimpel itulah jawabannya.

3. Apa sih sebenarnya definisi pasrah?
Menurut KBBI edisi III:



Meski KBBI mendefinisikan pasrah dengan kata menyerah, ingatlah jika menyerahkan sepenuhnya berbeda dengan menyerah.
Sekali lagi, pasrah merujuk pada pemikiran yang hanya berpatokan pada satu hal yang tidak pasti, takdir. Sehingga membuatnya lebih dapat dikatakan menyerahkan semua pada takdir dibanding hanya menggunakan satu kata 'menyerah' saja.

Btw, ini ada video KPOP yang bikin kita bisa lebih nyantai sambil liat cowok-cowok dan cewek-cewek kece, hehe. Lumayan biar hidup gak serius-serius amat ^^



EXO - Ko Ko Bop




Red Velvet - Red Flavor





Sekian curhat gaje hari ini, caw.
Thanks to:

Google, Blogger, KBBI edisi III (ebsoft.web.id)

Comments

Popular Posts